Gelar Jumat Curhat, Polsek Siman "Geruduk" Warung Kopi SIWO




Kegiatan rutin seminggu sekali yang bertema Jumat Curhat kembali digelar Jajaran Polsek Siman yang dipimpin Plt. Kapolsek Siman Iptu Sugiarto di Warung Kopi SIWO yang berlokasi di Desa Kepuhrubuh Kecamatan Siman, pada jumat (10/02/2023). Dalam kegiatan yang di mulai dari pagi hingga siang menjelang Sholat Jumat ini dihadiri oleh para tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan juga warga Desa Kepuhrubuh yang berjumlah kurang lebih 20 orang. Seperti diketahui kegiatan ini adalah ajang dimana masyarakat dapat saling bertukar pikiran dan pendapat dengan intansi Polri dalam hal ini Polsek Siman untuk menyelesaikan masalah serta mencari solusi terhadap permasalahan - permasalahan yang muncul terkait harkamtibmas. 


Dalam sambutannya Iptu Sugiarto menyampaikan beberapa hal baik pesan maupun himbauan kamtibmas. Beliau menyoroti tentang situasi cuaca yang akhir-akhir ini sangat ekstrim. Hujan lebat disertai angin sering terjadi dalam waktu yang lama bahkan sampai beberapa hari. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya bencana banjir yang dapat terjadi kapan saja. Iptu Sugiarto mengingatkan dalam sambutannya agar warga masyarakat tetap tetap tenang namun waspada menyikapi situasi ini. Segera mengambil tindakan apabila debit air sungai naik dan hujan tak kunjung berhenti. "Segera menyelamatkan diri jika terjadi peningkatan debit air, Keselamatan diri dan keluarga adalah nomor satu." Jelasnya. Beliau juga menambahkan agar di setiap desa seharusnya dibentuk satu tim tanggap bencana yang sewaktu-waktu dapat digerakkan ketika dibutuhkan. Hal ini akan direncakana lebih lanjut dengan instansi terkait.


Masih dalam sambutannya Iptu Sugiarto juga meluruskan tentang adanya berita dan isu yang sedang hangat diperbincangkan di masyarakat antara lain isu penculikan anak. Beliau menegaskan bahwa hal tersebut seratus persen adalah bohong belaka alias HOAX. Perlu diketahui bahwa di wilayah kabupaten Ponorogo dan Kecamatan Siman khususnya, sampai detik ini belum pernah terjadi kasus penculikan anak. Beliau juga berharap agar tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan warga desa yang hadir dalam kegiatan ini agar selalu bijak menyikapi setiap berita atau isu yang berkembang. "Kami berharap para hadirin membantu Pihak Kepolisian untuk menyebarkan fakta yang benar kepada masyarakat luas." Ujarnya.


Mengakiri sambutannya Iptu Sugiarto juga berpesan kepada seluruh warga masyarakat agar berhati-hati dalam memarkir kendaraannya baik di rumah maupun di tempat umum. beliau menjelaskan pentingnya kunci ganda saat kendaraan ditinggal oleh pemiliknya. Masih sering ditemui pemilik kendaraan bermotor yang tidak melepas kunci atau kontak kendaraan saat ditinggal, harusnya kebiasaan yang kurang baik seperti ini tidak dilakukan karena hal tersebut dapat memicu niat seserorang untuk melakukan tindak kejahatan yaitu Curanmor. "Lek parkir ojo lali kontake digowo yo Lur." Pungkasnya dengan nada bercanda. 



Dalam sesi tanya jawab Bapak Kamto Warga Desa Kepuhrubuh mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran PolseK Siman yang telah bersedia hadir di warung kopi SIWO dalam gelaran Jumat Curhat hari ini. Beliau menyampaikan bahwa program seperti ini sangat positif dan akan direspon baik oleh masyarakat. "Acara seperti ini sangat ditunggu oleh warga masyarakat Pak." imbuhnya.


Saudara Parman sebagai penanya kedua menyampaikan keluhan tentang sering terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya siman sampai dengan perempatan Jabung yang disebabkan jalan yang rusak dan berlubang. Menurutnya kurangnya lampu penerangan juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di area tersebut.  Beliau berharap agar Jajaran Polsek Siman dapat berkoordinasi dengan instansi terkait agar segera melakukan perbaikan dan penerangan jalan di Jalan Raya Siman sampai dengan perempatan Jabung.  (M$)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Gelar Jumat Curhat, Polsek Siman "Geruduk" Warung Kopi SIWO"

Posting Komentar